Your Best Choice

Friday, July 13, 2012

Kue Bantal (Kue Bolang Baling)


Bahan 1 :
* 1/2 sendok teh ragi instan
* 1/2 sendok teh gula pasir
* 20 ml air hangat
* 25 gram tepung terigu protein tinggi (aku pakai all purpose flour)

Bahan 2 :
* 165 gram tepung terigu protein tinggi (aku pakai all purpose flour)
* 40 gram gula pasir
* 1/2 butir telur
* 1/2 sendok makan susu cair
* 100 ml air hangat
* 1/2 sendok makan mentega putih (aku ganti dengan mentega biasa)

Bahan 3 :
* 80 gram gula pasir
* 1/4 sendok teh soda kue
* 1/2 sendok teh amoniak bubuk (aku ganti dengan baking powder)
* 125 ml air
* 225 gram tepung terigu protein tinggi (aku pakai all purpose flour)
* 50 gram tepung terigu protein sedang (aku pakai all purpose flour)
* 1/4 sendok teh garam

Cara Membuatnya :
1) Aduk bahan 1 sampai rata, lalu diamkan selama 10 menit.
2) Tambahkan bahan 2. Uleni lagi hingga kalis.
3) Bahan 3, larutkan gula, soda kue, amoniak, air, dan garam. Tambahkan tepung terigu protein tinggi dan sedang. Masukkan adonan ini ke dalam campuran adonan 1 dan 2. Uleni adonan sampai elastis.
4) Diamkan selama 3 jam. Giling adonan setebal 1/2 cm. Potong dengan ukuran 7x5 cm dengan berat 30 gram.
5) Goreng dalam minyak panas sedang hingga kecokelatan.

Note: dengan resep ini, ketika semua adonan sudah tercampur, masih agak lengket, jadi aku tambahkan sekitar 2-3 genggam terigu sehingga adonan kalis.

1 comment:

  1. Resepnya bagus. Mungkin jika ditambahkan 1-2 kuning telur lagi lebih mantap. :)

    ReplyDelete