Your Best Choice

Tuesday, November 15, 2011

tiramisu slurrpp..slurrrpp (resep dari Fitri Novianti-Brauer)


Bahan:
  1. 200 ml Espresso (atau buat sendiri dengan kopi instant, misalnya nescafe)
  2. 4 cl/ml Cognac atau Rhum
  3. 4 kuning telur
  4. 80 gr Gula Pasir
  5. 1/2 batang Vanila (atau bubuk vanila, nggak pakai juga nggak apa-apa) 
  6. 500 gr Mascarpone krim (atau cream cheese)
  7. 150 gr biskuit Ladyfinger
  8. Bubuk kakao
Cara membuat:
1. Buat espresso & msh hangat dicampur dengan alkohol (Rhum/Cognac) & biarkan dingin.
2. Kocok kuning telur & gula pasir sampai gulanya tercampur rata dengan telur. Masukkan vanilla atau bubuk vanilla.
3. Masukkan krim mascarpone (cream cheese) sesendok demi sesendok sambil terus diaduk sampai tercampur rata.
4. Susun 1/2 biskuit Ladyfinger di dalam wadah empat persegi dan siram dgn 1/2 campuran espresso alkohol. Diatasnya 1/2 dr krim. Lanjutkan dg sisa biskuit, espresso & krim.
5. Taburi bubuk kakao & simpan di lemari es beberapa jam sebelum siap dihidangkan. Sebelum dihidangkan, taburi lagi dg bubuk kakao.

Tips: Tiramisu terasa semakin enak kalo disimpan semalaman di lemari es sebelum dimakan.

5 comments:

  1. mar, ini gak di panggang yach????? khan kuning telornya blm matang????

    ReplyDelete
  2. Irene, iya memang nggak dipanggang, jd mentah2 gitu..gw liat di utube rata2 tiramisu juga sama. teman gw punya resep tiramisu yg kuning telor nya dimasak tp gw blm pernah coba resepnya. mau nggak? kalau mau, ntar gw inbox deh resepnya.. :D

    ReplyDelete
  3. Mau ikut comment krn resepnya dr saya:-) ini resep asli tiramisu dr italia...kalo ke italia ya dptnya tiramisu kayak gini. Emang pake kuning telur mentah makanya ada beberapa hal yg hrs diperhatikan:
    1. pake telur yg segar
    2. tiramisu hrs selalu disimpan di lemari es yg dingin, jgn kena suhu ruangan
    Krn saya tinggal di Jerman biasanya saya bikin tiramisu kalo dah winter.

    ReplyDelete
  4. walaupun pertama2 agak ragu...tp pas di coba ternyata jadi kue favorit keluarga gw (terutama kancil gw)kl buat kancil gw buat gak di pakein coffee hehehee...tq u mar

    ReplyDelete
  5. Irene, gw ikutan seneng dengarnya...iya gw juga coffee nya dikit banget soalnya suami gw kan nggak minum kopi, jd buat kopinya light aja :D

    ReplyDelete